Minggu, 07 Juli 2013

Berburu tiket promo Air Asia: Gimana caranya?

naik pesawat murah? siapa yang gak mau!


dalam rangka selebrasi air asia yang dapet penghargaan World Best Low Cost Airlines selama 5 tahun beturut turut, air asia bikin promo harga tiket pesawat mulai dari Rp.555! murah banget kan! beli permen aja cuma dapet 3 harga segitu mah hehehe maka dari itu saat tau promo ini, saya langsung menghubungi 2 orang teman saya, retha dan sofy, buat beli tiket promo ini.

tapi ya namanya promo, ya dapetnya juga rebutan, soalnya hanya terbatas 2000000 kursi. jadi saat promo ini baru dibuka tanggal 7 juli 2013 jam 23.01, servernya langsung sibuk! leleeeet banget bukanya. jadi sangat dibutuhkan kesabaran buat buka webnya aja.

nah, saat webnya udah kebuka, lalu apa yang harus dilakukan? berikut ulasannya:
  • pilih lokasi keberangkatan dan kedatangan serta tanggal keberangkatan (juga tanggal kembali untuk yang membeli tiket return/pulang pergi). jangan lupa pilih juga jumlah penumpang yang tiketnya mau dibeli. lalu klik CARI
  • kemudian akan muncul jadwal penerbangan dengan harga masing masing sesuai tanggal yang udah dipilih. nah kalau lagi promo gini, biasanya kan banyak yang buka dan karena banyak yang akses booking tiket maka kita akan dimasukkan ke layar waiting room. seperti ini penampakannya: 
  • nah kalau lagi ada di page waiting room, sabar aja, tunggu sampai 15 detik, kalau masih belum bisa masuk booking page, page ini akan otomatis ter-refresh ke waiting room lagi, countdown selama 15 detik lagi, dan masuk ke page booking. tapi kalau belum masuk ke page booking juga (masih dalam antrian) bakal balik lagi ke page waiting room, countdown lagi, dan begitu seterusnya sampai bisa masuk booking page. sabar aja di bagian ini harus sabaaaaaaar banget :')
  • kalau udah masuk ke page booking (yay!) nanti akan ada harga untuk tiket pergi (dan pulang) sesuai tanggal yang dipilih. tanggalnya masih bisa ganti ganti (gak sesuai sama yang dipilih pertama) kalau udah selesai, klik kotak tanda centang dan LANJUTKAN
  • selanjutnya, pengisian data penumpang. bedanya air asia dengan maskapai lain, di air asia untuk beli tiket penerbangan internasional gak perlu pake nomor paspor. cukup nama lengkap, tanggal lahir, dan nomor ktp. jadi, kalau kita belum punya paspor tapi pengen dapet tiket murah, ga usah ribet kan :) di page ini kita isi data kita, lalu klik Guest 1. kalau penumpangnya adalah kita sendiri, tinggal klik aja kotak centang dibagian atas dan secara otomatis data yang sudah diisikan sebelumnya akan terisi ke data penumpang. kalau beli lebih dari 1 tiket, isi data penumpang lainnya dengan meng-klik Guest 2, Guest 3, dst. pilih besar kapasitas bagasi yang dibutuhkan, dan pembelian asuransi, lalu lanjutkan
  • pilih kursi yang akan ditempati. lalu lanjutkan
  • pilih jenis pembayaran. bisa lewat kartu kredit atau debit melalui internet banking. debit yang tersedia saat ini hanya untuk BCA dan CIMB NIAGA. karena saya pake debit BCA, maka, saya jelasin cara pake debit BCA aja yaaaa ::) (tapi gak ada gambarnya maap)
    1. klik "klikBCA" lalu masukkan user ID klikBCA
    2. pada window/tab lain, buka www.klikbca.com lalu login individual internet banking, tab/window booking jangan ditutup.
    3. pilih e-commerce payment
    4. Category: Airlines; Company Name: AirAsia; From account: nomor rekening
    5. selanjutnya ada daftar tagihan, klik kotak centang lalu lanjutkan, masukkan kode token pada key BCA (apply 1), lalu klik kotak untuk melanjutkan dan pembayaran sukses!
  • kembali ke tab/window booking. lalu klik link jika sudah melakukan pembayaran dan liat status pembayaran akan terlihat tulisan pemesanan sudah dikonfirmasi, tandanya pembelian tiket sudah selesai!
Tapi nih, kadang suka ada orang yang protes bilang "promonya nipu! tetep aja mahal!" nah, nih orang pasti belom sarapan. baca ketentuan promonya dah. itu promo harga tiket/kursi yang berarti harga base fare, harga tersebut diluar biaya pajak pelayanan dan lain-lain.

"tapi kok yang digambar diatas harganya gak murah?"
nah, itu dia, pake trik lah!
  • pilih jadwal penerbangan diluar peak season. kenapa? karena saat peak season, harga akan melambung tinggi cetar membahana bos! jadi sebelum booking, cek dulu tanggal yang dipilih. perlu ada plan lain juga loh kalau plan A ternyata gagal/tanggal peak season. bikin plan b-plan z kalau mau. berdasarkan pengalaman saya tadi malem, pas masuk booking page, harganya masih mahal aja, padahal update-an dari orang lain udah pada dapet tuh tiket murah :(( gak sengaja iseng buka tanggal lain, eh taunya harganya udah berubah! beberapa tanggal juga!! berarti aku yang dudul itu mah milih tanggal yang gak ada penerbangan murahnya -___- itulah kenapa orang orang bilang tiket promo adalah untung untungan. saya yang awalnya mau berangkat dari BDO-SIN tgl 12 februari dan balik lagi tanggal 14 februari akhirnya mengganti jadwal jadi...............ada deh hehehe. liat tuh sekarang harga tiketnya! Rp.555!!!
  • biar tambah murah lagi nih, gak usah beli bagasi! untuk bagasi yang didaftarkan kan kite kudu bayar tuh, daripada bayar mending bawa aja barangnya ke kabin asalkan beratnya gak lebih dari 7 kg dan ukuran koper/tas sesuai pertauran (cek di web air asia)
  • gak usah bayar asuransi! mayan tauk duitnya bisa buat aiport tax :''')
  • gak usah beli makan, apalagi minta red carpet. mahal ih -___-
  • gak usah milih kursi!! mayan lagi duitnya bisa buat nambah nambah aiport tax. ya tapi... konsekuensi dari gak milih kursi sendiri adalah kalau kita pergi barengan sama temen, bisa aja duduknya gak barengan karena pemilihan kursi dilakukan random kalau gak beli
tuh triknya biar murah! masih mahal? yaelah itu udah murah kali bolak balik bandung singapur cuma seribuan. kagak mau bayar pajak mah renang aja sono ke singapur!

perlu diingat juga kalau kita cuma dikasih waktu 10 menit buat milih penerbangan bahkan katanya sampai pembayaran (tapi saya sih gak mengalami itu padahal milih tanggalnya lama banget). untuk menghindari error atau masuk lagi ke waiting room, tipsnya adalah:
  • daftar jadi member air asia. cara ini mempermudah kita buat masukin data data yang diperlukan. kalau kita udah login, maka nanti datanya akan otomatis terisi oleh data kita. member air asia juga dapet keuntungan untuk memasukkan data keluarga atau teman kedalam akunnya jadi kalau mau beli tiket rombongan, data rombongan dimasukkin dulu ke akun kita, jadi saat pembelian yang waktunya singkat tinggal klik nama penumpang lainnya (teman kita) dan data otomatis terisi. sangat efisien dan gak buang buang waktu
  • jangan buka banyak tab dalam 1 browser! karena bikin internet lelet. tipsnya buka web air asia di browser yang berbeda. semua browser yang ada pake aja hahaha. cara ini katanya sih biar kesempatan masuk ke booking page saat di waiting room lebih besar.
naaah begitu lah cara cara dapet tiket promo yang murah meriah. ke singapur seribuan kapan lagi coba! selamat mencoba dan semoga beruntung! :D
ini harga 3 tiket return BDO-SIN dengan beli 3 kursi pergi dan 3 kursi pulang. MURAH KAN!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar